Hujan dan Penyebab Terjadinya Banjir

Hujan masih sering turun dengan deras dan terkadang terjadi begitu lama, tentu saja ada positif dan negatifnya. Banyak yang mengkaitkan antara hujan dengan banjir, ya, kebetulan memang dalam beberapa tahun terakhir sering terjadi banjir di Indonesia.
Banjir di Sungai
Ada banyak hal yang berpengaruh terhadap terjadinya banjir, tentu saja bukan semata karena curah hujan yang begitu besar, tapi lebih kepada faktor yang lainnya. Sebut saja adanya saluran atau sungai yang kurang memadai, entah karena pendangkalan sungai, sampah yang menumpuk di sungai, atau karena debit air terlalu besar sehingga sungai tak mampu lagi menahan debit air.

Penebangan hutan yang membabibuta bisa jadi merupkan faktor yang lain, hutan yang semestinya bisa menjadi resapan air akhirnya tak berfungsi lagi karena pohon-pohon ditebang, sehingga air tak mampu lagi terserap/meresap dan akhirnya mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Perencanaan yang kurang matang juga bisa menyebabkan banjir. Misalkan saja saluran, dalam perencanaan harusnya memperhatikan debit air, sehingga dimensi saluran juga mnyeseuaikan agar air bisa tertampung. Bisa juga karena kesalahan dalam pengerjaan, kurang memperhatikan hulu-hilir dan tinggi rendah saluran juga bisa berkibat fatal.

Tentu saja apa yang saya sebutkan diatas hanya beberapa contoh saja, masih banyak faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap terjadinya banjir. Musim hujan selalu datang tiap tahunnya, kalau tidak ada perubahan atau antisipasi bisa jadi banjir akan terus terjadi. Perlu kesadaran dan perencanaan yang matang agar banjir bisa dicegah.

Hujan dan Penyebab Terjadinya Banjir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Adi N

0 komentar:

Post a Comment